Minggu, 11 Desember 2011

pendidikan anak usia dini

TEMA   : REKREASI
SUB TEMA : KENDARAAN
ALAT PERAGA
 “KERTAS  BERGAMBAR TENTANG KENDARAAN”

Tujuan             : Untuk mengajari anak untuk tidak berputus asa dalam mencari sesuatu,, terus      berusaha dan berusaha, dan juga dalam menghadapi masalah atau suatu         peristiwa harus sabar dan tidak boleh buru-buru dalam mengambil keputusan.
Usia                 : 4-5 Tahun
Kd                   : Membaca
Sub Kd            : Meningkatkan pemahaman anak melalui pendengaran yang telah di ceritakan                      pendidik.
Indikator         : Mengenal beberapa alat komunikasi dan mengamati bentuk tulisan yang                              telah di atau diceritakan.
Metode            : Bercerita


Alat dan Bahan :
1.      Pensil
2.      Hvs/karton
3.      Kerayon
cara penbuatan :
1.      Sebelumnya guru membuat judul cerita yang singkat bagi anak
2.      Guru membuat gambar Kendaraan pada kertas Hvs / karton yang berukuran sedang
3.      Kemudian gambar dibuat sesuai alur dalam cerita, gambar yang kita buat haruslah semenarik  mungkin bagi anak.
4.      Setelah gambar selesai dibuat, guru selanjutnya mewarnai gambar sesuai dengan warna yang disukai anak-anak, misalnya sepeda dengan warna biru, begitu dengan motor.
5.      Setelah semuanya diwarnai, guru tinggal menulis nama tokoh (membuat gambar tokoh) yang ada dalam cerita , kemudian menulis isi cerita dibawah gambar tersebut.



KEGIATAN SEBELUM MAIN

1.      Sebagai pedidik harus memperkuat anak didik dengan nilai-nilai agama, dengan menyatakan bahwa tuhan YME menciptakan keadaraan sebagai alat untuk membantu kita pergi kemana saja, ada juga hewan yang diciptakan tuhan sebagai kendaraan misalnya (kuda dan  unta ).
2.      Pendidik membacakan cerita, bercerita menunjukkan gambar, merangsang murid untuk menceritakan pengalaman mereka, untuk memunculkan dalam pikiran anak tentang gagasan atau pendapat tersebut antara lain :
Ø Allah memberikan kepandaian kepada manusia untuk membuat dan menggunakan kendaraan untuk mempercepat dan memberikan kenyamanan perjalanan.
Ø Macam-macam kendaraan :
·      Kendaraan darat : sepeda, motor, mobil, kereta api, angkot (angkutan kota), becak, dan bus.
·      Kendaraan laut/sungai  : sampan, kapal, dan speedboat.
·      Kendaraan udara : pesawat terbang, helikopter, pesawat jet, pesawat balon, dan pesawat luar angkasa.
Ø Guna kendaraan : sebagai alat pengangkutan barang, kemana saja dan kapan saja, dan juga sebagai alat jasa bagi manusia untuk mempercepat sampai ditempat tujuan.
3.      Ajak anak melihat gambar pada buku mengenai berbagai macam kendaraan, dan juga menambahkan kosakataanak mengenai kata perbandingan, seperti besar, kecil, panjang, lebar, lebih panjang, lebih pendek, lebih tinggi, lebih rendah, dll.
  
UDIN YANG SABAR
Pada suatu hari ada seorang anak yang bernama Udin. Kisahnya si Udin  ini mau pergi ke pasar pagi yang ada di Arengka I, lalu ia pergi dengan mengendarai Sepeda, tiba-tiba ditengah perjalanan ban Sepedanya bocor (anginnya keluar). Dia jadi sedih, ia bingung tidak menentu tapi dia berusaha untuk tenang dan sabar,  akhirnya si Udin meninggalkan sepedanya dan melanjutkan perjalanannya dengan berjalan kaki, dia terus berjalan dan sambil berdo’a kepada allah supaya ada orang yang berbaik hati mau menumpanginya sampai kejalan raya.
Tengah asyik berjalan, tiba-tiba ada bunyi suara Motor dari belakang yang berjalan menghampirinya, si Udin pun kaget ketika orang itu bertanya “Mau kemana ???? Udin pun menjawab,, mau ke pasar pagi. Oo,, marilah saya antarkan sampai kejalan umum atau jalan raya. Baiklah,,, terima kasih ya.....” ya... sama-sama.....!!!!
Sampailah Udin di jalan raya,, dia pun mencari Angkot (Angkutan Umum). Lalu Udin pun menaiki Angkot hingga sampailah ia ke pasar pagi. Udin pun mulai mencari barang yang dicarinya,, tapi ternyata barang tersebut tidak ada dipasar pagi. Si Udin sedih lagi,, sudah letih dia mencari ternyata tidak ada.......!!!
Akhirnya Udin memutuskan untuk pergi ke pasar pusat, si Udin pun menunggu di Antrian Bus,, sudah lama ia menunggu,, barulah Busnya datang,, setelah Udin naik, sungguh terkejutnya ia,, ternyata di dalam sangat ramai penumpangnya,, hingga berdirilah si Udin ini,, sudah letih, berdiri lagi dalam Bus,, sungguh kasihan Udin,, tapi ia tetap sabar dan tidak berputus asa untuk menemukan barang tersebut.
Akhirnya sampailah si Udin ke pasar pusat,, sungguh senang hatinya,, “akhirnya sampai juga” kata si Udin...................alhamdulillah.......



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar